6 Tips Alami Mengatasi Sembelit

Obatnyaambeien |Sembelit atau susah buang air besar sering dianggap enteng, padahal sembelit yang dibiarkan akan berpengaruh buruk bagi kesehatan termasuk mengakibatkan kanker. penanganan konstipasi atau sembelit dimulai dari perubahan gaya hidup selama 2-4 minggu. Adapun rekomendasi yang diberikan yaitu menambah asupan serat. Jumlah serat yang disarankan yaitu 25 gram.

Serat yang disarankan adalah yang diperoleh dengan diet berimbang sayur dan buah sekitar 50-60%, protein 30%, dan lemak 20-30%. Mengkonsumsi air juga harus memadai yaitu 30-60 cc/jam dan berolahraga secukupnya. Serat bersifat menahan air sehingga bermanfaat untuk melembabkan, melunakkan, dan memberi berat pada feses.

6 Tips Alami Mengatasi Sembelit

6-tips-alami-mengatasi-sembelitMenggunakan obat pencahar terus menerus untu mengatasi sembelit sangatlah tidak dianjurkan. Selain membuat ketergantungan, efek yang terjadi pada tubuh juga tidak baik. Karena usus tidak dirangsang untuk bekerja dengan sendiri.

Jika mengalami sembeli cobalah untuk meminum air putih dalam jumlah banyak sekitar 2-4 gelas, juga bisa menggunakan pepaya, karena pepaya mengandung papain yang bisa melunakan feses. Apabila cara tersebuut tidak berhasil, bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasi sembelit, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menggunakan Kejibeling (Strobilanthes crispus Bl)
    Kejibeling mengandung kalium, asam silikat, natrium, kalsium dan beberapa kandungan lainnya. Kejibeling juga mempunyau efek pencahar dan diuretik, sehingga sangan baik untuk penderita sembelit.

    Cara Menggunakan :
    Ambil setengan genggam daun kejibeling segar dan cuci sampai bersih, kemudian rebus dengan dua gelas air, biarkan sampai tersisa  gelas air, lalu saring dan minum.

  2. Daun Wungu (Graptophyllum pictum (L). Griff)
    Daun wungu atau daun ungu mengandung alkaloid non toksin, glikosod, saponin, tanin dan lendir. Saponin yang mempunyai efek sebagai pencahar ringan / Mild Laxative.

    Cara menggunakan :
    Siaokan daun wungu 7 lembar, lalu rebus dengan 2 gelas air, biarkan sampai tersisa 1 gelas, lalu saring dan minum.

  3. Lidah Buaya (Aloe vera)
    Selain bermanfaat untuk rambut dan mengobati luka, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pencahar. Getah pada daun lidah buaya merupakan perantara pembersih yang cukup kuat. tetapi kandungan pencahar yang cukup kuat pada lidah buaya, anthraquinone terkadang bisa menimbulkan diare dan kram pada usus. Untuk itu harus digunakan dengan hati-hati, ada baiknya melakukan konsultasi pada ahli herbal atau naturopati. Lidah buaya juga memiliki kandungan aloim, barbaloin, isibarbaloin, aloe-emodin, dan aloesin.

    Cara menggunakan :
    Siapkan separuh lidah buaya lalu cucui sampai bersih, buang kulitnya dan potong-potong isinya, kemudian seduh dengan setengan cangkir air panas, tambahkan 1 sdm madu. Selagi hangat makan 2x dalam sehari.
    Note: Tidak diperuntukan untuk wanita hamil, haid dan penderita diare.

  4. Ketepeng Cina (Cassia alata L.)
    Daun ketepeng cina mengandung zat samak yang bersifat sebagai laksatif. Selain itu ketepeng cina juga memiliki rasa yang pedas, hangat, insektisidal, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit. Efek farmakologi utama didapat dau daunnya.

    Cara menggunakan:
    Sediakan daun ketepeng cina muda dan segar sebanyak 7 lembar, rebus dengan menggunakan 2 gelas air, biarkan sampei tersisa 1 gelas, lalu angkat dan saring, serta lansung diminum.

  5. Temulawak
    Temulaak termasuk pada keluarga Zingiberaceae, dan mempunyai sifat sedikit pahit, anti sembelit, tonikum, diuretik, dan bakteriostatik. efek tersebut didapat dari penggunaan rimpang , baik segar maupun dikeringkan.

    Cara menggunakan :
    Rimpang temulawak digiling sampai halus bersama biji sesawi, lalu berikan ssedikit air dan peras, kemudian minum airnya.
    Atau, Rimpang temulawak diiris dan ditambahkan dengna asam jawa dan gula jawa, lalu tuangkan air yang mendidih dan saring, airnya langsung diminun.
    Note: Apabila mengalami sembelit terus menerus, bainya periksakan diri ke dokter.

  6. Mengkudu
    Bnayak khasiat yang didapatkan dari buah mengkudu, buah mengkudu mengandung alkaloid triterpenoid. Selain itu mengkudu juga mengandung morindon yang merupakan zat warna merah dan berkhasiat sebagai pencahar.

    Cara menggunakan :
    Siapkan 2 buah mengkudu masak, lalu cuci dan parut, tambahkan sedikit garam dan aduk sampai rata, peras dnegan kain dan minum 2x sehari.

Baca Juga : 5 Cara Alami Mengatasi Susah BAB pada Anak | Makanan Pemicu Terjadinya Sembelit | 6 Penyebab Susah Buang Air Besar (BAB) | Obat Sembelit dan BAB Keras untuk Dewasa

Demikiam 6 Tips Alami Mengatasi Sembelit. Konstipasi atau sembelit didefinisikan sebagai frekuensi buang air besar kurang dari normal dengan waktu lama, kesulitan, dan disertai rasa sakit saat mengeluarkan tinja. Faktor yang mendasari konstipasi, antara lain, adalah kurang gerak, kurang minum, kurang serat, sering menunda buang air besar, kebiasaan menggunakan obat pencahar, efek samping obat-obatan tertentu, dan depresi. Gangguan lebih berat, seperti usus terbelit, usus tersumbat, dan kanker usus besar, juga bisa menjadi penyebab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s