Penyebab Anus Gatal Dan Cara Mengatasinya

Anus yang terasa gatal bisa terjadi pada siapapun. Rasa gatal di anus sangat menyiksa, tetapi jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa rasa gatal disebabkan adanya cacing , karena rasa gatal di daerah anus tidak selalu disebabkan oleh parasit cacing.

Faktor Penyebab Gatal Pada Anus

gatal pada anus
Gatal pada anus dapat disebabkan oleh beberapa faktor , diantaranya sebagai berikut :

1. Faktor Penyakit Fisik
– Masalah Pencernaan : Diare yang sering terjadi dapat menyebabkan iritasi yang disusul dengan rasa gatal pada anus. BAB yang tidak terkendali sehingga lama kontak dengan anus karena tidak segera dibersihkan juga dapat menyebabkan gatal.

– Iritasi Kulit : Gesekan dan kelembaban dapat mengiritasi kulit sensitif di daerah anus. Iritasi kadang menyebabkan gatal di anus. Pewarna, parfum dan agen pelunakan dalam produksi seperti sabun dan kertas toilet juga bisa memicu iritasi dan gatal pada anus.

– Wasir : Wasir atau ambeien adalah salah satu penyebab gatal pada anus, karena sering mengejan saat BAB dan gesekan feses yang mengeras.

– Infeksi : Infeksi menular seperti keputihan pada wanita dapat menyebabkan gatal pada anus. Pada anak-anak ,parasit seperti cacing kremi sering menyebabkan gatal di anus yan persisten. Orang dewasa yang  tinggal dalam satu rumah dapat tertular infeksi cacing, infeksi jamur juga dapat menyebabkan gatal di anus.

– Penyakit Kulit : Terkadang gatal pada anus diakibatkan oleh penyakit kulit tertentu. Seperti psoriasis atau dermatitis kontak. Cabai, wasabi, atau rempah

2. Alergi
Bagi yang memiliki alergi bawaan terhadap seafood atau kuning telus bisa bereaksi gatal di bagian tertentu termasuk anus. Cabai, wasabi, atau rempah lainnya mungkin juga dapat menyebabkan gatal di anus.

3. Faktor Mental
Karena ketakutan atau depresi dll, dapat menimbulkan gejala yang tidak terduga pada bagian tubuh tertentu termasuk menyebabkan gatal pada anus.

Cara Mengatasi Gatal Pada Anus
1. Menggunakan salep pelindung yang mengandung seng oksida.
2. Menggunakan Krim atau salep hidrokortison, oleskan tipis pada daerah yang gatal untung mengurangi rasa gatal dan peradangan.
3. Obat anti-parasit , obat cacing untuk mengobati infeksi cacing kremi jika kremi yang menyebabkannya.

Baca Juga – Obatnya Ambeien

 
Harus Diperhatikan !

1. Menggaruk anus hanya akan memperparah keadaan saja.
2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi, hindarilah makana yang memiliki rasa tajam seperti cabai, teh pekat atau kopi , perhatikan bahan pakaian dalam yang digunakan, gunakanlah pakaian dalam dengan bahan yang lebut dan menyerap keringat.
3. Menjaga kebersihan anus terutama bagi anak kecil dan orang tua, bersihkanlah dengan lembut bagian tersebut dan selalu mengganti pakaian dalam setiap hari.
4. Perbanyaklah aktifitas gerak dibandingkan duduk supaya terhindar dari pengap yang mendatangkan bakteri di daerah anus.

Anda harus khawatir ketika rasa gatal tak kunjung sembuh, dan segeralah berobat! minimal memeriksakan diri kepada dokter atau puskesmas. Jika anda menginginkan obat yang aman untuk mengatasi gatal pada anus silakkan Klik Obat Tradisional Gatal Pada Anus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s